Senin, 09 September 2013

Calon Kabupaten Seputih Timur Kian Siap


GUNUNGSUGIH – Rencana pemekaran Kabupaten Lampung Tengah menjadi tiga kabupaten semakin menggeliat. Namun, yang semakin siap Kabupaten Seputih Timur.  Terakhir,  informasinya ibu kota Kabupaten Seputih Timur adalah Kecamatan Buminabung. 

Hal ini diputuskan dalam sebuah rapat konsultasi publik dan focused group discussion (FGD) studi penentuan calon ibu kota pemekaran wilayah Kabupaten Lamteng di aula Kopiah Emas, sekretariat Pemkab Lamteng, yang menetapkan Buminabung sebagai ibu kota Kabupaten Seputih Timur.  

Rapat yang dipimpin oleh Sekkab Lamteng Adi Erlansyah ini juga dihadiri oleh tim kajian dari Universitas Lampung (Unila), otoritas pemerintah yang membidangi masalah itu, anggota Komisi I DPRD Lamteng dan camat se-Lamteng, serta tokoh adat dan masyarakat.  Rapat itu juga menegaskan bahwa pusat perekonomian Kabupaten Seputih Timur berada di Kecamatan Rumbia.     

Sekkab mengungkapkan, pemekaran tersebut itu upaya pemerataan pembangunan. Menurutnya, dengan luas wilayah Kabupaten Lamteng yang mencapai 4.700 kilometer persegi dengan jumlah penduduk  1,4 juta jiwa, program pemerataan tidak bisa berjalan mulus.  ”Dengan adanya pemekaran Kabupaten Lamteng menjadi tiga kabupaten, tentu disambut baik kabupaten induk,” beber Sekkab.  

Dikatakan, adanya pemekaran itu mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 78/2007 tentang Pemekaran Wilayah. Selain itu, diperkuat dengan pengajian oleh akademisi yang menyebut kemampuan ekonomi daerah Lamteng sudah layak dimekarkan.  

Rencananya, kabupaten induk dibagi menjadi 11 kecamatan. Di antaranya Gunungsugih, Terbanggibesar, Waypengubuan, Terusanunyai, Kotagajah, Punggur, Trimorejo, Seputihagung, Bumiratunuban, Seputihmataram, dan Seputihraman.  

Di wilayah barat yang berpotensi wilayah perkebunan, ada 9 kecamatan dan Kecamatan Padangratu diproyeksikan akan menjadi ibu kota. Sembilan kecamatan itu terdiri atas Bangunrejo, Kalirejo, Sendangagung, Pubian, Selagailinggai, Anakratu Aji, Anaktuha, Padangratu, dan Bekri.  

Sedangkan untuk Kabupaten Seputih Timur terdiri atas 8 kecamatan. Yaitu Seputihbanyak, Wayseputih, Putrarumbia, Rumbia, Bandarmataram, Buminabung, Seputihsurabaya, dan Bandarsurabaya.  Dengan potensi tanaman pangan perikanan dan wisata.  

”Tahapan demi tahapan sudah kita laksanakan. Bila sudah selesai semuanya, baru kita akan ajukan ke pemerintah provinsi dan ditindaklanjuti ke pemerintah pusat,” ucapnya.  

Ketua Pansus Pemekaran Seputih Timur Salbari mengungkapkan, dengan penetapan letak ibu kota berada di Kecamatan Buminabung, warga menyambut  antusias. ”Dari hasil rapat tadi, letak ibu kota Kabupaten Seputih Timur berada di Kecamatan Buminabung. Kami masyarakat sangat senang. Sementara itu, untuk letak pusat perekonomiannya berada di wilayah Kecamatan Rumbia,” ungkapnya. (rnn/p2/c2/adi)

Sumber: Radar Lampung - Selasa, 6 Agustus 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan Resmi Menjadi Provinsi Otonom

  JAKARTA (25/07/2022) - Pada tanggal 25 Juli 2022 telah disahkan tiga Undang-Undang (UU) terkait pembentukan provinsi baru di Papua, yaitu ...