Senin, 09 September 2013

Status Kota Muara Bungo Masih Kabur


MUARA BUNGO - Kabar tentang pemekaran Kabupaten Bungo menjadi kota semakin 'kabur'. Pemkab dan DPRD selalu beralasan, bahwa saat ini masih proses melengkapi bahan dan pengesahan dari DPRD Provinsi. 

Ketua DPRD Bungo M Mahilli, dikonfirmasi masih mengatakan, bahwa rencana pemekaran Kota Muara Bungo menjadi kota madya masih dalam proses, belum bisa ditentukan kapan keinginan tersebut bisa terealisasi. "Kita masih menunggu pengesahan dari DPRD provinsi," katanya, Minggu (9/1).

Katanya, pengkajian tentang pemekaran Bungo menjadi Kota Muara Bungo membutuhkan pengkajian yang panjang. Pemkab harus mendatangkan konsultan khusus untuk mengkaji apakah Bungo layak dimekarkan atau tidak.

Namun dalam pandangan pihaknya, Bungo telah memenuhi syarat untuk dimekarkan.

"Ada banyak hal yang harus dikaji. Mulai dari luas kota, sumber pendapatan hingga jumlah penduduk. Namun dalam penilaian kita, itu telah memenuhi syarat," katanya.

Katanya lagi, mengenai syarat ini sebenarnya telah diajukan pada awal 2010 lalu. Namun ternyata tidak diterima pusat, sehingga harus dilakukan pengkajian ulang.

Pihaknya juga mengharapkan DPRD provinsi, agar merestui pemekaran ini, karena Bungo sebenarnya lebih layak dimekarkan dibandingkan Kerinci.(pit)

Sumber: Tribun Jambi 10 Januari 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan Resmi Menjadi Provinsi Otonom

  JAKARTA (25/07/2022) - Pada tanggal 25 Juli 2022 telah disahkan tiga Undang-Undang (UU) terkait pembentukan provinsi baru di Papua, yaitu ...